My Town

Semarang city is my town. It's located in Central Java of Indonesia. Semarang is a small city with 1.4 million population. The city of Semarang is the capital of central Java province. Semarang is easily to visit from any part of Indonesia. It's connected by air, land (by bus or train) and sea. Visiting Semarang by airplane can landed and departured from Ahmad Yani Airport. If traveling by bus can ride from Terboyo Bus Terminal or traveling by train can ride from Tawang railway station. The favorite place you can visit in Semarang city like: Simpang Lima (centre of town), Baiturrakman Mousque, Tugu Muda, Marina beach, Gereja Blenduk (Blenduk Church), Gombel park, Raden Saleh park, Stasiun Tawang, Puri Maerakaca, Lele park (fishing Lele), T.H.R (Peoples Recreation Park), Lawang Sewu building (1000 doors), Buddha Temple, Tinjomoyo zoo, sam poo kong temple, Jati Diri Stadion (sport) and others.

18 Februari, 2009

Standar Nilai Lulus Ujian Nasional 2009

Standar kelulusan ujian nasional tahun 2009 khususnya SMK meningkat dari tahun sebelumnya. Standar nilai tersebut adalah sebagai berikut:
a. memiliki nilai rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, dengan nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya;
b. khusus untuk SMK nilai uji kompetensi keahlian minimum 7,00, dengan nilai teori kejuruan minimum 4, nilai uji kompetensi keahlian digunakan untuk menghitung nilai rata-rata UN.
Untuk Teori kejuruan tahun ini SMK hanya menerapkan ujian pengetahuan kejuruan dengan nilai minimal 4.0 yang dipakai sebagai prasarat dalam nilai Ujian Praktik Kejuruan. Kalau kita pelajari POS UN UKK terdapat 2 asumsi yang muncul tentang perhitungan rata-rata kelulusan.
Pertama apabila nilai teori kejuruan memenuhi standar minimal kelulusan 4.0, maka nilai peraktik kejuruan dipakai dalam perhitungan rata-rata Ujian Nasional. Tetapi apabila tidak memenuhi syarat maka nilai Praktik Kejuruan tidak dihitung dalam rata-rata Ujian Nasional. Hal ini memiliki nilai positif dan nilai negatif bagi peserta ujian nasional SMK. Apabila siswa memiliki nilai tidak lulus untuk teori kejuruan, sehingga nilai praktik kejuruan tidak diperhitungkan, maka minimal rata-rata nilai ujian bhs. inggris, matematika dan bahasa Indonesia kurang lebih adalah 7.4 agar memperoleh nilai minimal lulus. Total nilai menjadi 22.2 : 4 = 5.55. Dan hal ini dirasakan cukup berat untuk mencapai nilai minimal tersebut. Sehingga ada kemungkinan banyak yang tidak lulusa ujian.
Asumsi kedua adalah dengan hanya menghitung nilai bahasa Inggris, bahasa Indoneisa dan Matematika saja. Sebagai contoh apabila nilai siswa 8, 8, 8, maka nilai rata-ratanya adalah 8. bandingkan apabila peserta mendapatkan nilai lulus 7.0 pada praktik kejuruan, maka nilainya menjadi 8 + 8 + 8 + 7 = 31: 4 = 7.75. Sehingga terdapat selisih yang cukup lumayan antara diperhitungkan dan tidak diperhitungkan.

Permasalahan yang berikutnya adalah terbitnya sertifikat UKK. Dalam pos UN UKK telah dijelaskan bahwa sertifikat diterbitkan bagi peserta yang lulus UKK. Tetapi apabila nilai teori kejuruan tidak mendukung, maka Nilai UKK juga tidak lulus yang artinya peserta tidak mendapatkan sertifikat UKK walaupun mendapatkan nilai minimal 7.0. Tetapi harus kita sikapi bersama hal tersebut dengan lebih banyak memberikan pelatihan dan pengayaan terhadap siswa agar mereka dapat lulus dan mendapatkan nilai yang baik. Untuk POS ujian nasional silakan download di web sitenya depdiknas. http://www.depdiknas.go.id/

Tidak ada komentar: