My Town

Semarang city is my town. It's located in Central Java of Indonesia. Semarang is a small city with 1.4 million population. The city of Semarang is the capital of central Java province. Semarang is easily to visit from any part of Indonesia. It's connected by air, land (by bus or train) and sea. Visiting Semarang by airplane can landed and departured from Ahmad Yani Airport. If traveling by bus can ride from Terboyo Bus Terminal or traveling by train can ride from Tawang railway station. The favorite place you can visit in Semarang city like: Simpang Lima (centre of town), Baiturrakman Mousque, Tugu Muda, Marina beach, Gereja Blenduk (Blenduk Church), Gombel park, Raden Saleh park, Stasiun Tawang, Puri Maerakaca, Lele park (fishing Lele), T.H.R (Peoples Recreation Park), Lawang Sewu building (1000 doors), Buddha Temple, Tinjomoyo zoo, sam poo kong temple, Jati Diri Stadion (sport) and others.

28 Agustus, 2008

Meningkatkan Pola Pembelajaran TIK

Pengembangan SDM khususnya guru di Indonesia saat ini sedang dikembangkan. Dimana setiap guru dapat meningkatkan pola pembelajarannya dengan penggunaan fasilitas TIK. Guru saat ini memang masih banyak menggunakan metoda pembelajaran konvensional. Padahal sudah saatnya pendidikan di Indonesia menerapkan metoda pembelajaran melalui fasilitas TIK. Banyak sekali materi pembelajaran yang dapat dikelola dengan fasilitas TIK. Selain pola pembelajaran akan menjadi lebih menarik juga tidak membosankan bagi para guru dan siswa. Sehingga tuntutan ke depan bahwa guru dan siswa di Indonesia harus sudah lebih mengenal perkembangan TIK. Memang kita sadari bahwa hal tersebut tidak mudah dan memerlukan proses yang panjang, selain tentunya biaya yang tidak sedikit. Tetapi apabila pendidikan di Indonesia lebih maju dan merata, maka ini adalah salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh setiap sekolah untuk menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan TIK diantaranya adalah:
1. Adanya fasilitas telepon di setiap sekolah.
2. Setiap sekolah hendaknya memiliki email dan web sekolah.
3. Adanya SDM di sekolah yang cukup kompeten untuk mengelola TIK.
4. Guru banyak mengikuti pelatihan pembuatan/penyaiapan bahan ajar dalam bentuk multimedia.
5. Adanya fasilitas Internet di sekolah.
6. Setiap guru hendaknya memiliki web/blog sebagai sarana menerbitkan tulisannya.
Hal diatas hanya sebagian kecil dari berbagai hal yang harus dipersiapkan dalam rangka pemanfaatan TIK dalam sistem pembelajaran di sekolah. Dan tentunya harus kita dukung bersama oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Program ini yang merupakan program dari Depdiknas melalui Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan merupakan tindak lanjut program Jardiknas yang cukup sukses. Untuk mengetahui lebih lanjut silakan klik www.tvedukasi.org dan www.e-dukasi.net

Tidak ada komentar: